Demo Blog

TUGAS 5 PEMROGRAMAN JAVA

by Hans de Pieters on Nov.22, 2009, under

http://bebasbayar.com/103?b=2d2693dc
1. >>Class merupakan konsep pokok di bahasa pemograman berorientasi object, demikian juga di Java. Kelas merupakan bentuk logis yang menjadi landasan bangun seluruh bahasa pemograman berorientasi object. Kelas mendefinisikan bentuk dan perilaku object. Kelas sungguh sangat penting di Java. Sembarang konsep/abstraksi yang diimplementasikan di Java harus di kapsulkan di kelas.

Class juga bisa diilustrasikan atau diumpamakan dengan makhluk hidup. Contohnya adalah hewan mamalia yaitu kucing. Didalam ilmu biologi, kucing tergolong dalam class hewan pemakan daging atau karnivora dan tentunya mempunyai bentuk atau konsep. Tuhan Yang Maha Kuasa sudah sudah menentukan bentuk daripada class kucing tersebut.

>>Object
Objek adalah elemen pada saat runtime yang akan diciptakan, dimanipulasi dan dihancurkan saat eksekusi sehingga sebuah objek hanya ada saat sebuah program dieksekusi, jika masih dalam bentuk kode, disebut sebagai kelas jadi pada saat runtime (saat sebuah program dieksekusi), yang kita punya adalah objek, di dalam teks program yang kita lihat hanyalah kelas.


http://bebasbayar.com/?b=2d2693dc 2. a. >>Encapsulation adalah proses menyembunyikan detil implementasi sebuah objek atau pembungkusan attribut (field atau variabel) dan tingkah laku (metode) di dalam sebuah kelas.

b. >>Inheritance adalah pewarisan sifat dari superclass ke subclass, yang mewarisi attribute dan method yang masih sejenis beserta attribute dan method tambahan yang merupakan sifat khusus subclass.

c. >>Abstraction dapat diartikan sebagai cara pandang kita terhadap suatu sistem yang terdiri dari kumpulan subsistem yang saling berinteraksi. Subsistem dapat pula diartikan sebagai suatu objek.

d. >>Polymorphisme adalah suatu object dapat memiliki berbagai bentuk, sebagai object dari class sendiri atau object dari superclassnya
- Overloading : penggunaan satu nama untuk beberapa method yang berbeda (beda parameter)
- Overriding : terjadi ketika deklarasi method subclass dengan nama dan parameter yang sama dengan method dari superclassnya.

3. 
 
Class hanya 1 berbeda dengan Object jadi kesalahanya dikarenakan terdapat 2 class dalam project.


4. 

5.
Class untuk atribut Bank

package tugas5;
public class bank {
    private double saldo;
    public bank(){
        saldo = 100.0;
    }
    public double getsaldo1(){
        return saldo;
    }
    public double getsaldo2(){
        return saldo+100.0;
    }
    public double getsaldo3(){
        return saldo+200.0;
    }
    public double getsaldo4(){
        return saldo+300.0;
    }
    public void nabung(double uang){
        saldo = saldo+uang;
    }
    public void ambiluang(double uang){
        if(uang>=(saldo+10.0)){
            System.out.println("saldo anda tidak mencukupi");
            System.out.println();
        }else{
            saldo = saldo - uang;
        }
    }

    public void menuATM(){
        System.out.print("Enter an id :");
    }
    public void menu1(){
        System.out.println("Main Menu");
        System.out.println("1: Check Balance");
        System.out.println("2: Withdraw");
        System.out.println("3: Deposit");
        System.out.println("4: Exit");
        System.out.print("Enter a choice : ");
    }
}

·         Class untuk OOP Bank
package tugas5;
import java.util.Scanner;
public class ATM {
    public static void main(String[] args) {
       Scanner u = new Scanner(System.in);
    bank nasabah1 = new bank();
    bank nasabah2 = new bank();
    bank nasabah3 = new bank();
    bank nasabah4 = new bank();
  
  
    int pil=0;
    int id;
   nasabah1.menuATM(); id = u.nextInt();
  if(id==1){
      do{
    nasabah1.menu1(); pil = u.nextInt();
    switch(pil)
    {
        case 1:
            System.out.println("The balance is : "+nasabah1.getsaldo1());
            break;
      
        case 2:
            System.out.print("Enter an amount to withdraw : "); double uang = u.nextDouble();
            nasabah1.ambiluang(uang);
            break;
        case 3:
            System.out.print("Enter an amount to deposit : "); uang = u.nextDouble();
            nasabah1.nabung(uang);
            break;
        case 4:
            ATM.main(args);
            break;
    }
      }while(pil<5);
      }
    
  else if(id==2){
      do{
      nasabah2.menu1(); pil = u.nextInt();
    switch(pil)
    {
        case 1:
            System.out.println("The balance is : "+nasabah2.getsaldo2());
            break;
      
        case 2:
            System.out.print("Enter an amount to withdraw : "); double uang = u.nextDouble();
            nasabah2.ambiluang(uang);
            break;
        case 3:
            System.out.print("Enter an amount to deposit : "); uang = u.nextDouble();
            nasabah2.nabung(uang);
            break;
        case 4:
            ATM.main(args);
            break;
    }
      } while(pil<5);
    
  }else if(id==3){
      do{
    nasabah3.menu1(); pil = u.nextInt();
    switch(pil)
    {
        case 1:
            System.out.println("The balance is : "+nasabah3.getsaldo3());
            break;
      
        case 2:
            System.out.print("Enter an amount to withdraw : "); double uang = u.nextDouble();
            nasabah3.ambiluang(uang);
            break;
        case 3:
            System.out.print("Enter an amount to deposit : "); uang = u.nextDouble();
            nasabah3.nabung(uang);
            break;
        case 4:
            ATM.main(args);
            break;
    }
      }while(pil<5);
    
  }else if(id==4){
    do{
      nasabah4.menu1(); pil = u.nextInt();
    switch(pil)
    {
        case 1:
            System.out.println("The balance is : "+nasabah4.getsaldo4());
            break;
      
        case 2:
            System.out.print("Enter an amount to withdraw : "); double uang = u.nextDouble();
            nasabah4.ambiluang(uang);
            break;
        case 3:
            System.out.print("Enter an amount to deposit : "); uang = u.nextDouble();
            nasabah4.nabung(uang);
            break;
        case 4:
            ATM.main(args);
            break;
    }
      }while(pil<5);
      }
    }
}





0 komentar more...

0 komentar

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Foto Saya
Hans de Pieters
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
Sederhana, blog ini saya buat karna tugas dadakan saja, so tidak ada serius & alay disini --__--
Lihat profil lengkapku

Blogroll

Vision and Mision

VISI DAN MISI SAYA SANGATLAH SEDERHANA.. YA.. CUMAN ITU.. ANDA MENUNGGU APALAGI??? MAKSUD SAYA VISI DAN MISI SAYA ITU ADALAH SESUATU YANG SEDERHANA TITIK.

Blogger templates

BBM menduduki peringkat pertama di App Store

Akhirnya setelah sekian lama turun, akhirnya BlackBerry kembali mampu berada di posisi pertama. Tapi sayangnya, posisi pertama ini bukanlah diduduki oleh handset BlackBerry, melainkan oleh sang aplikasi BBM for iPhone. Setelah dirilis secara resmi, aplikasi BBM for iPhone ini telah berhasil menggeser berbagai aplikasi lainnya di jajaran Top Free App Store. Apakah fakta ini adalah sebuah kejutan? Tidak. Saat ini, tidak dapat dipungkiri bahwa masih banyak orang yang menggunakan BBM sebagai media utama berkirim pesan, terutama di negara-negara berkembang. Saat pengguna BBM ''asli'' ini masih cukup banyak, tentunya akan mendorong para pengguna ponsel pintar lainnya seperti iOS dan Android untuk turut bergabung dengan BBM. Sudahkah anda mengunduh BBM untuk iPhone dan Android anda?
PERHATIAN!! Sehubungan dengan digunakannya blog ini untuk keperluan kelas untuk sementara blog tidak bisa digunakan, thanks.
Iron Man Mark II

Looking for something?

Use the form below to search the site:

Still not finding what you're looking for? Drop a comment on a post or contact us so we can take care of it!